Computer Tutorials | Infotech | Software | Games | Ebook | Tips & Trick Blogger




Tips Cara Merawat dan dan menjaga Keamanan Komputer anda

Menjaga kesehatan komputer memang bisa dibilang susah dan bisa juga dibilang sangat mudah. Namun, harus kita ketahui merawat kinerja komputer itu sangatlah penting. Karena jika kinerja komputer yang kita miliki itu mulai memburuk, ini akan menjadi suatu ketidaknyamanan bagi kita sendiri. Maka dari itu , kita perlu melakukan beberapa perawatan seperti dibawah ini:
1. Gunakan AntiVirus
Tentu saja ini yang paling penting. Mau tidak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika anda belum cukup uang untuk membeli antivirus yang asli, anda bisa gunakan anti virus yang bajakan atau yang gratis saja. Karena anti virus yang bajakan atau yang gratis jgua tidak kalah hebat  dalam membasmi virus internet.
2. Selalu lakukan Update
Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun software demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. Tetapi harus semuanya! baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna, pasti ada sebuah celah keamanannya. Jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sepurna dalam keamanan komputer”. Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update (selalu berkembang).
3. Hati-hati saat browsing
Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dan sebagainya). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.
Tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu sudah acuhkan saja.
Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.
4. Selalu lakukan scan pada file yang sudah di download
Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya.  Contohnya setelah mendownload sebuah Mp3, Ebook ataupun script. File tersebut harus tetap di scan dengan  anti virus yang anda miliki, siapa tahu file tersebut adalah terdapat sebuah virus.
Ok, mungkin hanya ini saja yang bisa sampaikan mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati. Selamat mencoba!.


Other link :

Share on...

0 comment on Tips Cara Merawat dan dan menjaga Keamanan Komputer anda :

Post a Comment and Don't Spam!