Computer Tutorials | Infotech | Software | Games | Ebook | Tips & Trick Blogger

Ketika Komputer Mati Total

Ketika Komputer Mati Total - Pengalaman pribadi ketika komputer mati total ini terjadi beberapa tahun silam ketika tak ada tanda-tanda kehidupan dari komputer butut admin dengan ciri khas layar monitor remang-remangnya yang biasa menemani ketika admin bangun tidur hingga menjelang tidur, bangun lagi tidur lagi, banguuuunnnn, tidur lagi (wualaaaah.. malah nyanyi). Ternyata komputer butut admin pun ikut tertidur, tapi yang membedakan komputer butut tersebut tak bangun-bangun lagi. Hmmm... udah butut rusak lagi!!!


Mungkin bagi pembaca Dapsoft mengalami hal serupa dimana komputer mengalami mati total. Berdasarkan pengalaman admin, ada beberapa tips berikut sebelum membawanya ke tempat service komputer. Apa saja yang harus dilakukan? Cekibrooot...
  1. Hal pertama yang admin lakukan adalah mengecek kabel yang terhubung dengan komputer, dari mulai Stabilizer maupun kabel power ke CPU. Pastikan seluruh kabel terpasang dengan benar atau tidak ada masalah dengan kabel tersebut.
  2. Bila komputer tersebut belum menyala juga, yang perlu dicek selanjutnya adalah Power Supply. Periksa apa saja komponen yang berfungsi saat tombol power dinyalakan. Jika tak ada yang bereaksi seperti kipas prosesor yang berputar atau suara hardisk bekerja atau bisa juga kita coba membuka CD/DVD Room, apabila CD/DVD Room terbuka masalah tersebut bukan berasal dari Power Supply. Jika tak ada komponen yang menyala, dipastikan kerusakan terjadi pada power supply anda. Ganti dengan power supply yang baru dengan membelinya ditoko komputer terdekat. 
  3. Bersihkan komponen komputer dari kotoran dan debu dengan menggunakan vacum cleaner atau bisa juga menggunakan kuas. Lebih baik lagi menggunkan cairan pembersih khusus agar komponennya benar-benar bersih dari kotoran dan debu.
  4. Jika cara diatas masih belum berhasil, lepaskan komponen RAM maupun VGA dan pastikan anda bisa memasangnya kembali. Bersihkan kaki RAM maupun VGA dengan menggunakan penghapus (itu pengalaman admin), lalu pasang kembali dan pastikan komponen terpasang dengan benar pada slotnya. jika perlu, heatsink dan prosesor anda lepas untuk dibersihkan, tapi hati-hati saat membukanya apalagi saat memasang prosesor, pastikan kaki-kaki prosesor terpasang dengan benar pada slotnya, jika tidak akan menyebabkan kerusakan pada kaki-kaki prosesor tersebut. Sebelum memasang Heatsink, tambahkan gel khusus yang bisa anda beli ditoko komputer, lalu oleskan gel tersebut dibelakang prosesor.
  5. Jika semua sudah terpasang dengan benar, hidupkan komputer kembali dengan cara menekan power komputer. Jika komputer menyala dan terdengar bunyi beep, kemungkinan RAM dan VGA tidak terpasang dengan baik atau dalam keadaan rusak. Cabut dan pasang kembali, jika komputer anda kembali normal maka permasalahan anda selesai. Tapi jika masih mati total, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada Motherboard komputer anda. 
Demikianlah pengalaman admin dalam mengatasi komputer yang mati total, dan setelah bongkar pasang komputer sambil garuk-garuk kepala karena pusing dengan komputer yang mati total, lalu mendengar tetangga teriak-teriak kegirangan "Akhirnya hidup lampu juga...."



Other link :

Share on...

0 comment on Ketika Komputer Mati Total :

Post a Comment and Don't Spam!