Computer Tutorials | Infotech | Software | Games | Ebook | Tips & Trick Blogger




Hati-hati Virus McDonald di Facebook!

Pengguna Facebook di Indonesia minggu ini dihebohkan undangan berisi link atau tautan beralamat di bit.ly untuk menonton video heboh mengenai McDonald. Judulnya banyak, ada "The Truth Behind McDonald" dan "Shocking McDonald Video". Namun, bukan dapat video yang dimaksud, Facebook Anda malah menyebarkan undangan yang sama ke teman-teman dan mengotori inbox jika Anda mengkliknya.

Graham Cluley dari perusahaan keamanan internet dan komputer Sophos sudah mengingatkan bahwa penyebaran virus ini sudah berlangsung sejak Agustus 2010. Menurutnya, penyebar virus memang selalu mengubah judul, tetapi semuanya terkait McDonald. Walau begitu, judul tersebut bisa saja diganti dengan judul menarik apa pun.

Cara kerja virus ini menyebarkan undangan dengan menyertakan tautan ke alamat situs dengan iming-iming video berisi informasi aneh tentang McDonald. Begitu tautan tersebut diklik, akan muncul aplikasi Facebook dengan nama “Worst McD’s Customer”. Untuk dapat membuka video, halaman tersebut meminta izin Anda untuk mengakses identitas, posting di wall, akses data kapan saja, akses ke informasi kontak, bahkan mengatur halaman di Facebook.

Jika kita meng-klik Allow maka aplikasi ini akan mengirimkan secara otomatis undangan yang sama ke semua teman Anda. Bayangkan kalau semua yang diizinkan pengguna dimanfaatkan pelaku.

Bagaimana jika anda sudah menjadi korban
Jika anda sudah terlanjur menjadi korban dan menyebarkan Event Invitation pada seluruh kontak anda, SEGERA informasikan ke seluruh kontak Facebook anda untuk tidak mengklik link yang diberikan dan menyetujui instalasi aplikasi. Dan lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkan program jahat tersebut :
1. Klik "Account" kemudian "Privacy Settings"


Anda akan membuka menu “Choose Your Privacy Settings”


2. Klik "Edit your settings" dari menu “Applications and Websites” di pojok kiri bawah untuk membuka menu “Choose Your Privacy Settings > Applications, Games and Websites"

3. Klik "Remove unwanted or spammy applications" untuk membuka layar “Applications, Games and Websites > Applications You Use" dan klik tanda “X” di sebelah “Edit Settings”

4. Anda akan mendapatkan layar konfirmasi Remove, klik tombol [Remove] untuk menghapus program HD Video Player




Dari berbagai sumber.


Other link :

Share on...

0 comment on Hati-hati Virus McDonald di Facebook! :

Post a Comment and Don't Spam!