Computer Tutorials | Infotech | Software | Games | Ebook | Tips & Trick Blogger




Tutorial Windows XP bag. 1

Men-ShutDown komputer secara cepat :
Untuk men-ShutDown komputer secara cepat dan mudah, masuklah ke desktop dan tekan kombinasi tombol Alt + F4.


Menghilangkan pesan error :

Klik Start-Control Panel, pilih icon System, klik tab Advanced dan pilih Tombol Error Reporting. Klik pada pilihan "Disable Error Reporting" untuk menghilangkan pesan error pada windows. Apabila ingin menghilangkan pesan error tapi tetap menampilkan pesan error yang berbahaya, klik pada centang "But notify me when critical errors occur".

Meng-uninstall program yang tidak muncul dalam "Add or Remove Programs" :
Gunakan Notepad atau program editor teks lainnya dan buka file sysoc.inf dari folder C:\Windows\inf. Perlu diketahui bahwa folder ini adalah "Hidden" jadi gunakan Tools-Folder Option-Klik tab View dan beri centang pada "Show hidden files or folders". Cari baris yang menampilkan nama program yang ingin di-Uninstall. Baris tersebut memiliki format sebagai berikut :
"Nama program"=*.dll,"inf entry","OcEntry",*.inf,"numeric".

Semua program yang tidak dapat di-Uninstall memiliki key "hide" dalam baris tersebut. Hilangkan tulisan "hide" pada program yang hendak anda Uninstall. Sekarang program tersebut dapat anda Uninstall melalui Add or Remove programs.

**Ket : hapus hanya kata "hide" nya saja.


Mempercepat komputer dengan mematikan Visual Effects :

Penggunaan Performance dan Visual effect yang berlebih memang membuat Windows menjadi keren dan menarik tetapi hal demikian bisa memperlambat kinerja komputer. Untuk mempercepat Windows anda perlu menonaktifkan System Performance dan Visual Effects. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada icon My Computer, pilih Properties, dan klik tab Adanced. Pada bagian performance klik tombol Setting dan klik pada pilihan "Adjust to best performance" untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

**Ket : pilihan ini akan menghilangkan semua Visual Effect yang ada pada windows.


Men-Defrag file Boot :

Klik Start-Run-dan ketik "regedit" untuk masuk ke dalam egistry editor. Masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction, pilih string Enable dan isi Value Data dengan nilai "Y" (tanpa tanda kutip).


Mengubah Start menu :

Klik Start-Run-ketik "regedit" dan masuk ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Klik kanan pada bagian yang kosong dan pilih New-DWORD Value. Klik kanan pada value yang baru dan pilih rename, ganti namanya dengan yang ada pada daftar di bawah (misalnya kita gunakan NoFavouritesMenu untuk mencegah user menambahkan Favourite pada Start menu). Double klik pada entri baru dan isi Vale data dengan nilai 1 kemudian klik OK.
Hints :
=> NoChangeStartMenu : mencegah user mengubah Start menu dan Taskbar
=> DisablePersonalDirChange : mencegah user mengubah Path ke folder My Document
=> NoRecentDocs : menghilangkan folder Recents documents dari Start menu
=> MaxRecentDocs : menentukan banyaknya Shortcut yang dapat ditampilkan pada menu Recent Documents
=> ClearRecentDocsonExit : menghapus semua shortcut di recent document begitu user log off
=> NoFavouritesMenu : mencegah user manmbahkan shortcut favourite pada Start menu
=> NoNetworkConnections : menghilangkan menu network connections daro Start menu
=> NoStartMenuNetworksPlaces : mneghilangkan menu Network Places dari Start menu
=> NoFind : menghilangkan menu Search dari start menu
=> NoRun : menghilangkan menu Run dari Start menu
=> NoClose : menghilangkan Tombol Turn off Computer.


Menampilkan pesan setiap kali Windows StartUp :

Klik Start-Run-regedit dan pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\Winlogon. Ubah nilai string "LegalNoticeCaption" dengan teks yang dinginkan pada tampilan awal
Buka Windows Explorer dan klik View-Folder Option, klik tab View dan beri centang pada "Show hidden files and folders". Buka folder C:\ dan cari file MSDOS.sys. Buka file tersebut dengan Notepad karena windows tidak mengenali ekstensi yang ada padanya. Cari baris yang berisi perintah "Logo" dan ganti nilainya dengan 0 sehingga menjadi "Logo=0"
Hints : jika tidak terdapat perintah "Logo" anda dapat menambahkannya sendiri dengan mengetiknya di bawah perintah [Options] kemudian ketik "Logo=0" (tanpa tanda kutip).


Mengubah arah tombol Enter pada MS Excel :

Buka aplikasi MS Excel kemudian klik Tools-Options-klik tab Edit. Beri tanda centang pada "Move selection after Enter" kemudian klik menu dropdown pada Direction. Pilih arah Enter yang anda kehendaki dan klik OK
**Ket : Untuk mengubah arah pointer berlawanan dengan yang telah diatur, tekan tombol Shift + Enter.


Mem-format disket secara cepat :

Masukkan disket ke Floppy drive kemudian klik Start-Run. Ketik "format a:" (tanpa tanda kutip) dan tekan tombol Enter.


Menghilangkan warna kotak latar pada nama icon di desktop :

Buka Windows Explorer, klik kanan pada My Computer, pilih tab Advanced. Klik tombol Settings pada bagian Performance. Pada bagian Visual Effect, klik pilihan "Use drop shadow for icon labels on desktop".


Menggunakan Scan Disk :

Buka Windows Explorer, pilih drive yang hendak di-scan, klik kanan dan pilih Properties. Klik tab Tools dan pada bagian Error checking, klik tombol "Check now"
**Ket : anda harus me-restart komputer untuk memulai proses scan.


Mematikan System Restore :

Buka Windows Explorer, klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Klik tab "System restore" dan beri tanda cek pada pilihan "Turn off System Restore on All Drives".


Menjalankan program saat memulai windows (memakai start up) :

Buka windows Explorer, dan masuk ke direktori C:\Windows\Start Menu\StartUp. Buat shortcut untuk notepad dengan mengklik kanan di area yang kosong, kemudian pilih New-ShortCut. Buat command line untuk notepad yaitu c:\windows\notepad.exe atau pilih Browse. Klik tombol Next, kemudian Finish. Restart PC dan Windows akan otomatis menjalankan notepad.
**Ket : di sini kita menggunakan Notepad, anda dapat menggantinya sesuka anda.


Menjalankan program saat memulai windows (memakai Win.ini) :

Cari file Win.ini yang berada di direktori C:\Windows. Buka dengan menggunakan editor text seperti Notepad atau yang lain. Cari entri yang bernama "load" kemudian isi dengan 'C:\Windows\Notepad.exe', sehingga lengkapnya menjadi "load=c:\windows\Notepad.exe". Pilih menu File-Save dan restart PC anda.


Menghapus recent documents dengan cepat dan mudah :

Buka Notepad, dan ketik: "echo y| del C:\Windows\Recent\*.*" (tanpa tanda kutip) dan simpan dengan format "nama file.bat". Pada bagian "Save as Type" pilih "All Files".
**Ket : nama file harus diberi ekstensi *.bat



Other link :

Share on...

0 comment on Tutorial Windows XP bag. 1 :

Post a Comment and Don't Spam!