Computer Tutorials | Infotech | Software | Games | Ebook | Tips & Trick Blogger




Tips Merawat Flashdisk

Flashdisk adalah merupakan suatu alat penyimpanan data yang ketahanannya tidak terlalu lama, kenapa demikian? selama ini kita selalu mengandalkan flashdisk untuk penyimpanan data-data yang di anggap penting. Padahal flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang sangat mudah terserang virus, disamping itu juga flashdisk sangat mudah rusak.

Kebanyakan perusahaan komputer yang menjual flashdisk hanya memberikan garansi kepada para pembelinya maksimal 1 (satu) tahun, hal ini membuktikan bahwa daya tahan produk yang satu ini kurang lebih 1 (satu) tahun. Tetapi bagi anda yang selalu menggunakan flashdisk sebagai alat untuk penyimpanan data tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips merawat flashdisk agar bisa lama bertahan :

1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat

Barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. karena magnet mempengaruhi chip flashdrive sebagai tempat penyimpanan file.

2. Jangan Terkena Air

Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, sampai tahan guncangan dan ada yg berbahan kevlar. Menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman

3. Virus Scan

Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flash disk, sangat mungkin tidak hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet.Untuk itu , jangan lupa untuk melakukan scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.

4. Proses Eject atau Stop

Selalu lakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flashdisk dari port usb. Selain bisa menjadikan flashdisk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kamu simpan didalamnya.

5. Jauhkan Dari Tempat Panas

Semua barang elektronik tak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan panas. Jadi usahakan tidak untuk menyimpannya ditempat yang tidak panas atau terkena sinar matahari secara langsung

6. Hindari Benturan Keras

Untuk memperpanjang umur flashdisk, hindarkan flashdisk dari benturan keras. Karena ini dapat menyebabkan rusaknya komponen-komponen pada flashdisk.

7. Tutuplah selalu

Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flashdisk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutup agar tidak kotor.

8. Minimalisir proses hapus-tulis

Sama seperti kita, flashdisk juga memiliki usia, artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flashdisk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flashdisk itu sendiri. Biasanya usia flashdisk antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flashdisk.


Other link :

Share on...

0 comment on Tips Merawat Flashdisk :

Post a Comment and Don't Spam!