Computer Tutorials | Infotech | Software | Games | Ebook | Tips & Trick Blogger




Hati-hati Komputer Anda Terinfeksi Virus Conficker

Seperti virus penyakit, virus komputer juga menyebar dengan cepat dari satu komputer ke komputer lain. Wabah yang tengah mengancam jutaan komputer di seluruh dunia sekarang adalah serangan yang disebut conficker.

Program berbahaya ini telah menginfeksi 6 juta-9 juta komputer di seluruh dunia hanya dalam waktu 2 minggu. Kawasan yang terkena serangan paling tinggi adalah Asia dan Amerika Latin.

Berdasarkan data Symantec, China dan Argentina merupakan negara yang paling parah terkena serangan jenis worm ini. Conficker baru menyebar sekitar dua bulan lalu, tetapi telah menimbulkan kepanikan yang begitu masif. Hampir 29 persen komputer di China terinfeksi conficker. Sementara Argentina telah mencapai 11 persen. Selain itu, serangan ini juga cepat menyebar di Brasil dan Rusia.

Para pengamat keamanan komputer saat ini masih meraba-raba apa yang akan dilakukan pembuat conficker setelah menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Yang pasti, komputer yang terinfeksi dapat diambil alih pembuat virus dari jarak jauh layaknya zombie. Jutaan komputer tersebut bakal menjadi jaringan botnet terbesar di dunia yang rawan dimanfaatkan untuk melakukan tindakan kriminal, seperti pencurian data rahasia atau bahkan rekening bank. Dalam beberapa kasus, komputer yang terserang akan mengalami gangguan koneksi setiap kali terhubung ke internet.

Conficker yang juga disebut Downandup atau Kido menyerang dengan cara memanfaatkan celah kelemahan pada fitur Windows Service yang telah ditambal Microsoft bulan Oktober lalu. Namun, beberapa laporan mengatakan, virus tersebut tidak mati meski patch telah dipasang. Conficker menginfeksi dengan cara menebak password admin di jaringan atau melalui USB flash.

Jadi, hati-hati terhadap serangan ini dan lebih waspada setiap kali melakukan tukar-menukar file. Update antivirus mutlak untuk mengantisipasi kemungkinan serangan.

Cara Mengatasi Virus Conficker :
Disini saya menggunakan PCMAV Express (untuk software-nya bisa download disini)


1. Pastikan user Anda memiliki hak setara Administrator.
2. Non-aktifkan antivirus yang terinstall agar tidak mengganggu PCMAV Express.
3. Pastikan sebelumnya bahwa komputer Anda tidak terkoneksi ke jaringan atau internet selama proses scan.
4. Setelah selesai, sangat disarankan untuk melakukan restart dan scan ulang (jika perlu).
5. Setelah virus berhasil dituntaskan, segera update/patch Windows Anda. PCMAV Express ini pun dapat mendeteksi apabila komputer Anda belum di patch.
6. Pastikan seluruh PC yang telah terhubung di dalam jaringan juga telah bebas Conficker.
7. Pastikan password hak Administrator di PC Anda tidak mudah ditebak, karena Conficker memiliki kemampuan menyusup dengan melakukan “tebakan” terhadap password Administrator dengan kosa-kata umum yang ada dalam kamusnya.
8. Jika langkah 3-7 di atas tidak Anda ikuti dengan baik, maka besar kemungkinan Conficker dapat menyerang kembali, sebagus apapun antivirus yang Anda gunakan.

Kenapa engine ini tidak disertakan dalam PCMAV 2.0? Hal ini dikarenakan begitu kompleksnya penanganan virus Conficker terutama teknologi rootkit-nya. Selain itu engine PCMAV 2.0 yang telah ada tidak dirancang dan disiapkan untuk menangani virus jenis baru semacam ini.


Other link :

Share on...

0 comment on Hati-hati Komputer Anda Terinfeksi Virus Conficker :

Post a Comment and Don't Spam!